09 Oktober 2007

Sayembara Rumah Mungil Hemat Energi

Desain ini menjadi entry dalam Sayembara Rumah Mungil Hemat Energi yang diadakan Tabloid Rumah pada medio Agustus hingga Oktober. Desain ini berorientasi pada bagaimana menurunkan temperatur udara mikro dalam tapak dengan penggunaan tanaman rambat. Dengan turunnya suhu dalam tapak. Penggunaan energi untuk sistem pengudaraan buatan dalam rumah menjadi berkurang.

Hampir tidak bisa dipungkiri bahwa kota Jakarta yang pada siang hari suhunya dapat mencapai 330C memberikan permasalahan tersendiri dalam hal menciptakan hunian yang layak. Banyak rumah yang mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan pendingin udara buatan atau air conditioner. Usaha ini berhasil menurunkan suhu udara di dalam rumah, namun meningkatkan suhu udara makro luar ruangan. Pemakaian energi pada sektor inipun menjadi tidak lagi terbatasi dan menjadi konsumen energi terbesar dari sebuah hunian.


Atas dasar kepedulian tersebut, rumah mungil ini kembali mengajak kita untuk melihat potensi tanaman hijau. Rumah mungil ini mencoba mengatasi setiap permasalahan tersebut dengan memperluas luasan hijau secara vertikal dan horizontal.

Perluasan secara horizontal dilakukan dengan membuat balkon rumput di lantai 2 yang juga difungsikan sebagai taman bermain anak yang aman dan nyaman, dan juga sebagai kebun sang bunda untuk merawat tanaman organik dan tanaman obat-obatannya.

Perluasan vertikal dilakukan dengan membuat media rambat bagi tanaman rambat. Usaha ini dilakukan untuk menurunkan suhu udara mikro yang otomatis menurunkan suhu udara di dalam ruangan. Dengan tanaman rambat, radiasi panas matahari akan tersaring sehinga pancaran panas matahari menjadi tereduksi secara alami. Dengan usaha-usaha ini, pemakaian pendingin udara buatan menjadi tidak perlu lagi dan konsumsi energi untuk bidang ini menjadi hilang.





























4 komentar:

presty larasati mengatakan...

ow, kamu denny yang punya desain ini, kah?
salam kenal dulu, ya...
aku temen angkatannya eguh murthi..
aku link ya, blog-nya..

mampir2 ke blog amatirQ ya..
www.prestylarasati.wordpress.com

presty larasati mengatakan...

ow, kamu denny yang punya desain ini, kah?
salam kenal dulu, ya...
aku temen angkatannya eguh murthi..
aku link ya, blog-nya..

Adri Evanda mengatakan...

gambar potongannya bagus d
pake apa software apa ya?
aga gaptek ni gw
slm kenal ya

[ sDs .. ] mengatakan...

pake software autocad saja. lalu di invert di photo shop. silahkan dicoba

dee