12 Oktober 2007


Lomba Desain Fasade Seri Rumah Ide 1 / 2

Desain fasade rumah mungil ini adalah salah satu dari 125 karya terpilih yang masuk dalam buku 125 desain fasade seri rumah ide yang diterbitkan Imelda Akmal Architecture Writer bersama dengan Gramedia. Lomba desain fasade seri rumah ide itu sendiri diadakan pada medio Mei hingga Juni 2007 dan diikuti lebih dari 300 karya. Saat ini buku 125 desain fasade seri rumah ide sudah dapat diperoleh di toko-toko buku terdekat.

Judul Karya : Rumah Modern Tropis

Rumah yang diasumsikan memiliki bukaan ke arah barat ini menghadapi masalah dimana pada setiap sore hari, terik matahari langsung meningkatkan suhu di dalam rumah, yang tentu saja mengurangi tingkat kenyamanan penghuni dan juga meningkatkan konsumsi energi listrik demi kepentingan pengudaraan buatan.

Untuk menyiasati hal tersebut, rumah ini didesain memiliki sun-shading, dengan meletakan kisi-kisi kayu sebagai secondary skin, yang akan menghalangi panas dari radiasi matahari menyentuh ruang-ruang private secara langsung, dengan demikian, penggunaan energi dapat ditekan, dan kenyamanan thermal dapat ditingkatkan. Selain itu, efek bayangan dari sun-shading ini akan meningkatkan kualitas estetika dalam ruang.

Inovasi lain dari fasade rumah ini adalah penggunaan tanaman rambat, yang berguna selain sebagai pembatas ruang dalam dan ruang luar, juga sebagai pendingin udara alami. Inovasi ini juga berdampak langsung terhadap turunnya suhu udara sekitar, mengingat kota-kota besar di Indonesia saat ini memang kekurangan ruang hijau dimana tanaman dapat bertumbuh dengan layak.

Dari segi langgam, garis-garis tegas pada fasade, mengangkat kesan modern minimalis, yang bersatu secara manis dengan elemen hijau pada dindingnya. Karenanya, layaklah fasade rumah ini menjadi fasade rumah yang menjawab keadaan, tidak hanya dari segi estetika, maupun fungsi, dalam menjawab permasalahan iklim tropis.


2 komentar:

vivi mengatakan...

Saya senang dengan artikel anda, Artikel anda menarik dan bermanfaat, Saya tunggu artikel anda berikutnya.

Recommended News mengatakan...

Blognya mantab banget bro..., ngomong2 gw permisi ngopi gambarnya ya..., buat ditampilin di http://fotorumah.blogspot.com/

Makasih ya...