12 Oktober 2007

Lomba Desain Fasade Seri Rumah Ide 2 / 2

Desain fasade rumah mungil ini adalah salah satu dari 125 karya terpilih yang masuk dalam buku 125 desain fasade seri rumah ide yang diterbitkan Imelda Akmal Architecture Writer bersama dengan Gramedia. Lomba desain fasade seri rumah ide itu sendiri diadakan pada medio Mei hingga Juni 2007 dan diikuti lebih dari 300 karya. Saat ini buku 125 desain fasade seri rumah ide sudah dapat diperoleh di toko-toko buku terdekat.
Judul Karya : The Box House
Fenomena rumah kotak / box house sudah terjadi mulai dari awal tahun 2000-an, ditandai oleh munculnya banyak arsitek-arsitek muda yang membawa kembali arsitektur modern kembali ke permukaan.

Dengan tampilan serba tegas dan tanpa pretensi untuk bercantik-cantik-ria, rumah kotak selalu memperlihatkan kesederhanaan fungsional setiap bidangnya. Suatu bentuk ada bilamana ada fungsinya, dan menjadi tidak ada jikalau tidak dibutuhkan.

Fasade rumah ini juga didesain dengan semangat yang sama dengan para arsitek muda tersebut. Gabungan dari dua buah kotak berbeda karakter menghasilkan perpaduan tegas simple, namun sangat fungsional. Eksplorasi material alam (Batu susun sirih, kayu bangkirai) bersatu dengan beton berfinishing cat biru menjawab bahwa modernitas paham arsitektur modern tidak akan pernah usang dimakan waktu.

Pemecahan masalah panas radiasi matahari diatasi dengan penggunaan secondary skin dan penggunaan kaca es. Dengan penyelesaian ini, sinar matahari tetap dapat masuk ke seluruh ruangan, namun panas yang dihasilkannya direduksi oleh kisi-kisi dan kaca es tersebut. Penyelesaian ini membuat energi yang dibutuhkan untuk system pengudaraan buatan dalam rumah tereduksi dengan sangat baik.

Dari segi estetika, kesederhanaan fasade rumah inilah yang justru membuatnya tampak menarik. Rumah ini diyakini akan sangat cocok dengan keluarga muda yang memiliki gaya hidup simpel dan energik.


Tidak ada komentar: